Acara Pentas Seni dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 1 Galang Berlangsung Meriah.

oleh -1 Dilihat
oleh

Sumatera Utara (Globaldrafnews.com) – Acara Pentas Seni dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Galang Dinas Pendidikan Kab.Deli Serdang Tahun Pelajaran 2023 – 2024 yang digelar oleh Panitia Pelaksana dibawah pimpinan Sudirman Dachi selaku Ketua pada Kamis (6/6/2024) di lapangan upacara sekolah itu, berlangsung meriah.

Acara Pentas Seni dan Pelepasan 251 orang Siswa Kelas IX SMPN tersebut yang berlokasi di Jalan Besar Petumbukan Des.Jaharun-A Kec.Galang Kab.Deli Serdang Sumatera Utara dimasa kepemimpinan H. Suntoro,S.Pd saat ini, tampak cukup unik dan tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya selama ini. Sehingga gebyarnya terkesan menyentuh dan semangat. Maka wajar saja kalau H. Suntoro,S.Pd Kepala SMPN 1. Galang mendapat jempolan.

Kenapa tidak ? Karena, kalau pada acara pelepasan Siswa Kelas IX pada setiap tahun selama ini, hanya sebatas pelepasan Atribut saja secara simbolis dari 2 orang Siswa (Putra & Putri) Kelas IX. Tetapi kali ini, ada Pengalungan Selempang Alumni dan penyerahan Buku Alumni kepada masing-masing Siswa Kelas IX serta Pengalungan Medali bagi Juara Umum yang berprestasi 1, 2, 3 dari antara Siswa Kelas IX.

Dalam acara tersebut yang sifatnya internal hadir 251 orang tua dari masing-masing Siswa Kelas IX, Dewan Guru, Staf Pegawai, Pengurus Komite dan Pengawas dari Dinas Pendidikan Kab.Deli Serdang untuk SMPN 1 Galang.

Rangkaian acara saat itu yang dipandu oleh Ramadhani,S.Pd dan Jefri,S.Pd, diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Deli Serdang, diteruskan dengan penyampaian kata-kata sambutan.

Sudirman Dachi Ketua Panitia Pelaksana acara tersebut dalam Laporannya saat itu mengatakan, bahwa dasar utama terlaksananya acara ini adalah hasil kesepakatan bersama antara 251 orang tua Siswa Kelas IX dengan Pengurus Komite SMPN 1 Galang dalam satu pertemuan pada tanggal 3 Mei 2024, dengan ketetapan biaya acara secara ikhlas ditanggung bersama oleh orang tua Siswa Kelas IX.

Lebih lanjut Ketua Panitia menyampaikan, bawa acara Pentas Seni dan Pelepasan Siswa Kelas IX kali ini, unik dan tampil-beda dari tahun-tahun sebelumnya selama ini. Hal ini terlaksana, atas arahan dan petunjuk Kepala SMPN 1 Galang H. Suntoro,S.Pd saat ini.

Letda Inf. H. Sabtu Hasibuan Ketua Komite SMPN 1 Galang dalam sambutannya saat itu mengatakan, kami segenap Pengurus Komite selaku perwakilan masyarakat orang tua peserta didik disekolah ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak/ibu Dewan Guru atas kerjasama diantara kita yang telah mendidik, mencerdaskan dan membina anak-anak kami masyarakat umum selama kurun waktu 3 tahun disekolah ini, untuk tumbuh, cerdas dan semangat menimba ilmu pengetahuan sebagai bekal masa depannya kelak. Walau kelak anak kami yang menimba ilmu pengetahuan dari sekolah ini berhasil menurut bakat kejuruan yang dicita-citakannya, yang dipuji umum adalah kami orang tuanya.

“Kemudian tentu pasti ada tingkah, perilaku dan dan kelakuan para anak-anak kami yang membuat bapak/ibu Dewan Guru marah selama 3 tahun lamanya disekolah ini, kami selaku orang tua mereka memohon maaf dan meminta dimaafkan,” ujarnya.

Ibu Paulina M.A Tamba mewakili 251 orang tua Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Galang TP. 2023 – 2024 dalam sambutannya pada acara tersebut saat itu mengatakan, bahwa kami masyarakat orang tua yang menitipkan anak untuk dididik dan mencerdaskan selama 3 tahun disekolah ini dan yang pada hari ini dilepas menyadari dan mengakui, bahwa mungkin ada kelalaian kami orang tua dalam mendidik dan dalam mengawasi anak didalam lingkungan rumah tangga, sehingga proaktifnya dalam mengikuti pembelajaran dari bapak/ibu Dewan Guru disekolah ini terkadang membuat pusing dan marah.

Maka pada kesempatan saat ini, kami segenap orang tua dari 251 Siswa Kelas IX minta maaf kepada bapak/ibu Dewan Guru UPT SMPN 1 Galang. Dan mari tetap kita jalin hubungan kekerabatan diantara kita selaku Keluarga Besar UPT SMPN 1 Galang.

“Kemudian, dengan berbekal pendidikan dan pengajaran bapak/ibu Dewan Guru kepada anak-anak kami disekolah ini, kami para orang tua mereka semangat melanjutkan meraih pendidikan dan pengajaran mereka kejenjang sekolah yang lebih tinggi menuju pencapaian yang dicita-citakan setelah dewasa kelak,” ujarnya.

Marieta Helvina,S.Pd mewakili Dewan Guru UPT SPF SMPN 1 Galang Disdik Kab.Deli Serdang dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebelum bapak/ibu orang tua 251 Siswa Kelas IX SMPN 1 Galang TP. 2023 – 2024 minta maaf, kami sudah duluan memaafkan tingkah dan kelakuan mereka selama 3 tahun mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran dari kami Dewan Guru disekolah ini, tegasnya saat itu.

Kepala UPT SPF SMPN 1 Galang Disdik Kab.Deli Serdang H. Suntoro,S.Pd dalam sambutannya dalam acara itu mengatakan, terimakasih atas kerja-sama yang baik antara orang tua peserta didik dengan Dewan Guru yang proaktif selama ini dalam prosesi pendidikan dan pembelajaran kepada para peserta didik disekolah ini khususnya Siswa Kelas IX yang pada hari ini secara resmi dilepas.

“Kami dari sekolah ini menitipkan pesan kepada para bapak/ibu orang tua 251 peserta didik Kelas IX, agar tegar dan semangat melanjutkan proses pendidikan dan pembelajaran kepada anak-anak kita yang dilepas dari SMPN 1 Galang pada hari ini kejenjang UPT (Unit Pelaksana Teknis) SPF (Satuan Pendidikan Formal) yang lebih tinggi,” ujarnya.

Selanjutnya acara diteruskan dengan penyerahan sumbangan buku pustaka dari orang tua 251 Siswa Kelas IX yang diwakili oleh Ketua Komite Letda Inf. H. Sabtu Hasibuan didampingi Sudirman Dachi selaku Sekretaris Komite kepada Kepala UPT SMPN 1 Galang H. Suntoro,S.Pd.

Dilanjutkan dengan prosesi pelepasan Siswa Kelas IX yang diawali Pelepasan Atribut SMP secara simbolis kepada 2 orang Siswa Kelas IX (Putra – Putri) yang diteruskan dengan Pengalungan Selempang Alumni oleh Kepala Sekolah kepada masing-masing 251 Siswa Kelas IX yang dilanjutkan dengan penyerahan Buku Alumni oleh Ketua dan Sekretaris Komite. Dan selanjutnya masing-masing Siswa tersebut disuruh menemui orang tuanya ditempat duduk, sfalam dan mencium tangan orang tuanya ditempat itu.

Kemudian diteruskan dengan Pengumuman dan Pengalungan Medali kepada sang Juara Umum 1, 2, 3 kepada 3 orang Siswa Kelas IX SMPN 1 Galang TP. 2023 – 2024 yang berprestasi oleh Kepala sekolah H. Suntoro,S.Pd.

Mereka sang Juara yang berprestasi itu adalah : Chelsya Meka Subhan dengan nilai 923,46 rata-rata 92,35 dari Kelas IX.8 tampil Juara 3, Sessy Aurelya Sinaga dengan nilai 925,35 rata-rata 92,54 dari Kelas IX.8 tampil Juara 2 dan Johana Enjelika Br Silitonga dengan nilai 925,64 rata-rata 92,56 dari Kelas IX.8 tampil Juara 1.

Setiap acara selama berlangsungnya kegiatan tersebut, di selang-seling dengan penampilan Pentas Seni dari Siswa Kelas IX seperti Tari Budaya Etnis, Tari Komando, Pencak Silat dll.

Salah-seorang dari Orang tua Siswa Kelas IX Hilma Br Sitompul yang menemui Penulis usai acara tersebut mengatakan, bahwa acara Pelepasan Siswa Kelas IX kali ini, sangat mantap dan bergengsi. Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya selama ini, hanya sebatas pelepasan Atribut saja. Berarti Kepala SMPN 1 Galang sekarang ini terbukti cerdas dan peduli. Hal seperti ini perlu diteruskan dan kalau bisa dibudayakan disekolah ini setiap tahunnya ke depan. Karena kami para orang tua, merasa bangga dan semangat memperhatikan pendidikan anak,” ujarnya.

Acara disudahi dengan pemberian Cendramata secara simbolis kepada yang mewakili Dewan Guru dan Pegawai dari Orang tua 251 Siswa Kelas IX SMPN 1 Galang, diteruskan dengan acara salam-salaman antara orang tua didampingi anak masing-masing selaku Siswa Kelas IX dan Pengurus Komite kepada Dewan Guru dan Pegawai.

Pengamatan Penulis selama berlangsungnya acara tersebut, berjalan lancar, aman, nyaman dan meriah yang selingi dengan perasaan haru, bangga dan gembira. (SD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.