Arya Dimas Raih Juara 1 Lomba Karya Ilmiah Universitas Darunnajah Jakarta Dengan Tema Nuzulul Qur’an.

oleh -1 Dilihat
oleh

 

Jakarta, 20 Maret – 3 April 2024

*AL-QUR’AN SUMBER KEBAHAGIAAN*

KATA PENGANTAR :

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Al-Qur’an Sumber Kebahagiaan” dengan tepat waktu sesuai ketetapan yang telah ditetapkan.
Karya Ilmiah ini disusun sebagai keikutsertaan penulis pada ajang lomba yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Darunnajah dengan tema: “Nuzulul Qur’an”. Selain itu, karya ilmiah ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang Al-Qur’an.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Universitas Darunnajah yang telah mengadakan lomba karya tulis sehingga penulis bisa improve dalam dunia kepenulisan, tak lupa juga penulis turut berterima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam penulisan karya ilmiah ini.
Penulis menyadari karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan oleh penulis demi kesempurnaan karya ilmiah ini.

Bandar Lampung, 25 Maret 2024.

ABSTRAK :

Al-Qur’an merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Jibril. Al-Qur’an sebagai pedoman untuk menjalani kehidupan bagi manusia. Karena isi Al-Qur’an merupakan kurikulum yang sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan manusia, karena kurikulum Al-Qur’an akan mengantarkan manusia pada kebahagiaan yang hakiki yaitu bahagia dunia dan akhirat. Cara agar kita bisa bahagia dengan mendekatkan diri pada Al-Qur’an dengan cara membacanya, mentaburinya, dan menghafalkan ayat-ayat nya.

Kaum muslimin hendaknya selalu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an, sering berinteraksi dengannya dan memetik hikmah darinya. Dari Umamah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang pada hari kiamat sebagai pembela (pemberi syafaat) bagi orang yang mempelajarinya dan menantinya.” (HR Muslim). Beliau juga berpesan, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya”. Khusus pada Ramadhan, umat Islam seyogianya makin cinta menadaburi Al-Qur’an. Inilah momen yang disebut sebagai syahr Al-Qur’an, bulan Al-Qur’an. Sebab, kitabullah tersebut diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan.

Makna Kebahagiaan menurut Al-Qur’an yaitu mendapatkan rahmat dan ridho Allah sehingga dijauhkan dari azab pada hari kiamat dan dimasukkan ke dalam surga. Karakteristik orang bahagia dapat dilihat melalui prilakunya, yaitu taat kepada Allah dan Rasul, senang mengajak pada kebaikan, menghindari diri dari akhlak tercela serta tidak kikir. Ada permasalahan yang harus diperbaiki pada manusia, yaitu masih banyak manusia yang tidak percaya akan Al-Qur’an. Padahal allah SWT telah memberikan jawaban bahwa tidak ada keraguan dalam Al-Qur’an.
Maka sebagai seorang yang beriman kita harus benar-benar yakin akan isi Al-Qur’an, karena sejatinya kebahagiaan manusia tergantung kedekatannya pada Al-Qur’an. Orang yang selalu dekat pada Al-Qur’an maka akan Allah jaga dan Allah berikan dia berupa kebahagiaan dunia dan akhirat, bahagia yang Allah berikan bukan pada bertambahnya materi, akan tetapi lebih pada bertambahnya ketenangan jiwa dan hati yang ada pada manusia.

DAFTAR PUSTAKA :

Basith, M Abdul. 2022. “Bahagia bersama Al-Qur’an”, https://bamuisbni.or.id, bahagia bersama al-qur’an, diakses pada Senin, 25 Maret 2024 pukul 21.55.

Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School. 2020. “Ada 7 Jalan Menuju Bahagia Bersama Al-Qur’an”. Diambil dari artikel online.
Didi, Junaidi. 2013. Berbahagialah : Pesan Al-Qur’an menggapai kebahagiaan hakiki. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Khalid, Amr. 2017. Spirit Al-Qur’an:kunci-kunci menuju kebahagiaan sejati. Yogjakarta: Darul Hikmah.
Fajar, Samson. 2021. “Bahagia dengan Al-Qur’an: Bahagia (Muflihun) Tujuan Manusia” dari Artikel Wahdah, Abu Usamah. 2019. “Inspirasi Zakat” 2019 diambil dari artikel online
Unversitas Muria Kudus. 2017. “Hidup Bahagia dengan Al-Qur’an”. Diambil dari artikel online Hudzaifa, M Subhan. 2023. “Hidup Bahagia bersama Al-Qur’an”, https://nuha.co.id, hidup bahagia bersama al-qur’an, diakses pada Senin, 25 Maret 2024 pukul 21.45.
Rizqa, Hasanul. 2021. “Bahagia dengan Al-Qur’an”, https://www.republika.id, bahagia dengan al-qur’an, diakses pada Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 08.45.

RIWAYAT HIDUP :
Arya Dimas Dwi D.P, S.Pd. Lahir 18 Juni 2000 di Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Anak ke 2 dari 3 bersaudara, yaitu: Ni Putri Eka Dimas Prames Wari, S.Pd. Arya Dimas Dwi D.P, S.Pd. Farizd Dimas Satria. Ibu Diah Nurhasanah dan Ayah Muhammad Asrun, S.H. Penulis Menamatkan pendidikan SD nya tahun 2011 di SDN 1 Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara. Penulis juga mengeyam pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Dan menjadi Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 2017 Angkatan Survival Generation. Selain itu penulis juga aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan tentang dunia kepenulisan, seperti seminar, diskusi, webinar, dll. Selain itu penulis juga pernah menulis di media online. Adapun buku penulis yang sudah terbit “Mengenal Para Ulama Lampung”, “Psikologi Keluarga”, “Hukum Kewarisan di Indonesia Ditinjau dari Islam dan Adat”, Pembaca bisa menyapa penulis melalui akun Instagram pribadinya @aryaputra691. Penulis juga merupakan delegasi Internasional pada kegiatan Internasional Youth Innovation Summit di Malaysia pada tahun 2023. (Draf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.