Diduga Temukan Situs Purbakala, Polres Ngawi Lakukan Pengecekan

oleh -2 Dilihat
oleh

Jawa Timur (Globaldrafnews.com) – Tugas Polri adalah menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, demikian juga yang dilakukan Polres Ngawi, Polda Jatim.

Begitu mendengar adanya informasi tentang dugaan adanya situs purbakala di daerah Jogorogo, sesuai dengan perintah dan arahan Kapolres Ngawi, AKBP Dwiasi Wiyatputera beserta anggotanya langsung melaksanakan pengecekan, Rabu (7/12/2022).

Gerak cepat dilakukan oleh Kabag Ops Polres Ngawi, Kompol Slamet Suyanto bersama dengan Kasat Intelkam, AKP Marwanto, Kasat Samapta, AKP Nugroho,
Kapolsek Jogorogo, Iptu Nur Hidayat dan anggota Polsek serta Plt Kasi Humas, Ipda Dian, juga dari Perhutani, Bambang langsung melaksanakan cek lokasi sesuai informasi yang diterima.

Lokasi yang diduga adanya situs purbakala Wukir Bayi berada di Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur.

Dengan perjalanan naik kendaraan roda empat dari Polsek Jogorogo ke pos 1 Wukir Bayi sekitar satu jam, kemudian dilanjutkan perjalanan kaki sejauh kurang lebih 500 meter ke hamparan puncak gunung di mana diduga adanya situs tersebut.

“Menurut kami, di puncak gunung itu adanya hamparan atau dataran yang rata serta bebatuan yang ditata seperti bangunan rumah, tidak ditemukan tanda-tanda situs purbakala,” ungkap Kabag Ops Kompol Slamet.

Informasinya, hutan RPH Ngetrep yang berada di 1259 mpdl di petak 30 BKPH Lawu Utara masuk Desa Kletekan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi dulunya merupakan peninggalan penduduk sekitar yang memproduksi gondorukem dengan bahan baku getah pohon Pinus.

“Perlunya pendalaman lebih dari para ahli purbakala untuk menentukan apakah itu situs purbakala atau tidak,” lanjut Kompol Slamet.

“Alhamdulillah setelah melaksanakan perjalanan panjang, hasilnya sudah kami laporkan ke Pimpinan,” tutup Kompol Slamet.

Jurnalis : Salsabiila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.