DILEMA GURU HONORER KABUPATEN LINGGA, “ANTARA PUTUS ASA DAN PENGABDIAN”

oleh -3 Dilihat
oleh

LINGGA (GLOBALDRAFNEWS.COM) – Pelaksanaan Uji Kompetensi JF Guru melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Dikti dengan kebijakan mengangkat guru honor menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sangat diharapkan bagi guru-guru honor yang sudah mengabdi di daerah khususnya Kabupaten Lingga untuk dapat memperoleh predikat sebagai guru PPPK.

Hal ini tentu sangat beralasan mengingat sebagian besar guru-guru tersebut telah mengabdi selama lebih dari 10 tahun dengan bertempat tugas di daerah-daerah terpencil dan sangat terpencil, dipelosok negeri yang jauh dari jangkauan keramaian, aksesbilitas, jaringan telekomunikasi, listrik, transportasi dan lain sebagainya.

Mereka adalah pahlawan yang patut untuk diperjuangkan hak-haknya sebagai manusia dan juga sebagai orang yang telah mencerdaskan anak-anak bangsa, namun ketika mereka usai menghadapi Uji Kompetensi PPPK sangat disayangkan hampir sebagian besar Seleksi Kompetensi terutama bidang Teknis banyak diantara guru-guru tersebut mengeluhkan hasil yang telah di capai sangat tidak memuaskan karena dibawah Bobot Nilai Ambang Batas, tapi di satu sisi nilai Manajemen, Sosial Kultural dan Wawancara masih memberi harapan untuk bisa lolos sebagai guru PPPK.


Kementrian Pendidikan tentunya dapat mempertimbangkan bahwa Seleksi Kompetensi PPPK ini memang satu sisi menguji kompetensi guru dari segala aspek Pedagogik, Sosial, Kepribadian hingga Profesional. Namun, paradigma yang lebih utama adalah pertimbangan Pengabdian mereka tidak saja focus umur di atas 35 tahun, juga masa kerja, tempat mereka mengabdi, kehidupan sosial ekonomi dan eksistensi serta komitmen mereka yang sangat besar untuk dapat memberi sumbangsih terhadap bangsa hingga mereka mampu bertahan walau dengan penghasilan di bawah standar kehidupan.

Semoga ini menjadi pertimbangan, demikian pemaparan dan harapan Bapak Djunaidi Ajam selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga didepan para wartawan, Kamis (16/9/2021).

(RUDI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.