Gandeng Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah FEB ITB AD : Smartfren Community Tangsel Gelar Seminar Lingkungan Hidup

oleh -3 Dilihat
oleh

Banten (Globaldrafnews.com) – Smartfren Community Tangsel Gandeng Komisariat IMM FEB ITB AD sukses menggelar Seminar Lingkungan Hidup mengusung tema “Mewujudkan Keberlanjutan Lingkungan Melalui Peran Proaktif UMKM Dalam Pengelolaan Sampah Di Tangerang Selatan”.

Acara diselenggarakan pada Sabtu, 24 Juni 2023 Pukul 10.00 WIB di kampus Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB AD), tepatnya di Aula Sjafarudin lantai lima. dan dihadiri oleh 150 peserta. Seminar ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam merawat lingkungan serta pentingnya peran UMKM dalam pengolaan sampah, yang dimana hal ini menjadi isu yang hangat di Kota Tangerang Selatan.

Dalam pembukaannya Leader Smartfren Community Tangerang Selatan, Muhamad Nur Rajab mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Smartfren Communty yaitu Teman Pintar Indonesia. Kegiatan positif ini didukung oleh Smartfren dikarenakan banyaknya dampak positif yang dihasilkan dari edukasi dan diskusi yang menghadirkan tokoh-tokoh hebat.

“Hal ini menjadikan kabar baik bagi masyarakat Tangerang Selatan pada umumnya dan juga mahasiswa pada khususnya yang antusias terhadap hal-hal baru untuk melahirkan pemikiran yang cemerlang demi terlaksananya pembangunan berkelanjutan lingkungan melalui peran proaktif UMKM,” ucapnya, Sabtu 24 Juni 2023.

Selain itu, Ketua Umum IMM FEB ITB AD M. Nida’ Al-Khoir menjelaskan, “kegiatan ini juga dalam rangka penutupan Gebyar PK IMM FEB ITB-AD. Dengan bertujuan untuk Merayakan Milad IMM yang ke 59, dalam kegiatan Gebyar ini juga mengadakan perlombaan yang diikuti oleh IMM Se-jabodetabek yang berkolaborasi dengan Smartfren Community Tangsel,” ujarnya.

Kemudian Leader Smartfren Community Tangsel Muhamad Nur Rajab dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil  Tangserang Selatan Drs. H. Warman Syanudin,M.M menandatangani MoU atau Kesepakatan Bersama antara Smartfren dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam Program Literasi Kreatifitas Digital untuk Generasi Muda.

Acara seminar ini turut mengundang ibu Nahdya Maulina, M.Sc selaku Founder Pilah  Sampah sebagai narasumber dan Ciba sebagai Public Relations Smartfren turut menghadiri acara tersebut. Serta Pimpinan Cabang IMM Jakpus yaitu Kanda Faisal Abdurachman, S.M dan juga Ketua Umum Komisariat IMM FEB ITB AD Muh. Nida’ Al khoir turut hadir.

Adapun dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Drs. Warman Syanudin, M.M menyampaikan, “pemerintah sangat mengapresiasi terhadap apa yang sudah menjadi konsen khusus yakni menjaga lingkungan, dan pengambilan tema tersebut terjadi karena banyaknya limbah plastik yang ada di sekitar kita. Plastik yang hari ini ada akan berdampak serius terhadap kehidupan manusia ke depan, yang nantinya dapat menghancurkan lingkungan,” katanya Sabtu, 24 Juni 2023.

“Selain itu, Pak Kadis juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kekompakan dalam menjaga satu kesatuan untuk proaktif mahasiswa dan UMKM dalam upaya merawat lingkungan khususnya yang ada di Kota Tangerang Selatan,” tambah Warman.

Sesuai dengan temanya, kegiatan ini sangat mengagungkan nilai-nilai yang mewujudkan pembangunan berkelanjutan lingkungan melalui peran proaktif UMKM dalam pengelolaan sampah.

Pernyataan ini juga sesuai dengan apa yang disampaikan oleh narasumber Nahdya Maulina, M.Sc yang mengatakan, Potensi UMKM dalam bidang pengelolaan sampah di Tangerang Selatan sangat terbuka.

“Masyarakat bisa memilih berbagai jenis usaha mulai dari membuka toko curah untuk makanan kering, bumbu, refill sabun, atau membuka toko online yang menjual barang-barang guna ulang, menyediakan jasa pengangkutan sampah daur ulang ke rumah-rumah, menyediakan jasa sewa alat-alat makan, melakukan budidaya maggot bsf untuk pakan ternak, membuat kompos, dll,” terangnya.

“Semua jenis UMKM tersebut selain dapat meningkatkan ekonomi juga sekaligus menyelamatkan lingkungan” imbuhnya. (Disha/SPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.