Kantor Bahasa Provinsi Lampung Road Show Peringati Hari Literasi di Lampung Selatan.

Lampung (Globaldrafnews.com) – Kantor Bahasa Provinsi Lampung melakukan road show ke kabupaten/kota dalam rangka memperingati Hari Literasi Provinsi Lampung Tahun 2021.

Di Kabupaten Lampung Selatan peringatan Hari Literasi Provinsi Lampung Tahun 2021 digelar di Aula Negeri Baru Resort (NBR) Kecamatan Kalianda, Kamis (16/9/2021).

Hadir dalam acara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Dr. Eva Krisna, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto serta Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Selatan

Melalui momentum Hari Literasi itu, Bunda Winarni berharap masyarakat Lampung Selatan lebih cepat memahami dan mengakses bahan bacaan. Menurutnya, kecakapan membaca tidak akan menjadi berarti manakala bahan bacaan sulit ditemukan.

“Oleh karenanya, untuk mendukung pembangunan literasi bagi masyarakat, keberadaan perpustakaan memegang peranan yang sangat penting,” ujar Winarni dalam sambutannya.

Untuk itu, Winarni meminta perpustakaan daerah harus lebih dioptimalkan lagi eksistensinya ditengah masyarakat. Sebab menurutnya, orang yang gemar membaca memiliki keunggulan secara personal maupun sosial.

“Peran perpustakaan daerah bukan saja sebagai penyedia buku atau bahan bacaan saja. Akan tetapi menjadi gudang literasi yang membuka jendela dunia, dengan segala informasi didalamnya,” katanya.

Sementara, dalam agenda peringatan Hari Literasi Provinsi Lampung tahun 2021 tersebut, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kantor Bahasa Provinsi Lampung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Komitmen itu terkait sinergi dalam membangun budaya literasi yang ada di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Lampung Selatan sesuai tema peringatan Hari Literasi Provinsi Lampung tahun 2021 yakni, Bersinergi Membangun Budaya Literasi.

Dengan kesepakatan dan komitmen bersama tersebut, Bunda Winarni berharap mendukung pembinaan kebahasaan dan kesastraan terhadap komunitas literasi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Selan itu, komitmen bersama itu diharapkan dapat memperkuat sinergitas antara kedua belah pihak. Terutama dalam hal meningkatkan minat dan budaya baca pada masyarakat Lampung Selatan.

“Saya sangat optimis dengan komitmen yang kuat antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dengan Kantor Bahasa Provinsi Lampung akan semakin menumbuh kembangkan budaya literasi di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Winarni.

Dalam kesempatan itu pihak Kantor Bahasa Provinsi Lampung juga menyerahkan cinderamata bahan bacaan berupa Kamus Bahasa Lampung-Bahasa Indonesia. (Kmf)