Penurunan Stunting dan Gizi Buruk, KKP RI dan Komisi IV DPR RI Gelar Safari di Lampung Selatan.

oleh -3 Dilihat
oleh

Lampung (Globaldrafnews.com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) bersama Komisi IV DPR RI mengadakan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Danurejo Kecamatan Natar, Sabtu (20/5/2023).

Safari Gemarikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dan konsumsi ikan guna mendukung percepatan penurunan stunting dan gizi buruk di Kabupaten Lampung Selatan.

Direktur Jenderal PDSPKP KKP RI, Dr. Budi Sulistyo, M.Sc. mengapresiasi angka prevalensi stunting di Kabupaten Lampung Selatan yang menurun drastis dari tahun 2021 hingga 2023.

“Apresiasi atas segala upaya dan sinergitas Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan terus turunnya angka prevelensi stunting di Kabupaten Lampung Selatan yang melewati target nasional,” ujar Budi Sulistyo.

Kegiatan Safari Gemarikan tersebut menyasar kelompok remaja, calon pengantin, anak berusia 0-59 bulan, ibu hamil dan ibu menyusui.

“Kegiatan ini memiliki arti akan peran perempuan terkhusus ibu di lingkungan keluarga dan masyarakat dalam mencetak generasi unggul Lampung Selatan bebas stunting,” kata Budi Sulistyo.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin mengatakan, kegiatan perluasan Gemarikan adalah salah satu upaya pemerintah dalam mengkampanyekan pentingnya makan ikan setiap hari kepada masyarakat, terutama kepada anak-anak, ibu hamil dan menyusui.

“Mengkonsumsi daging ikan dapat meningkatkan imunitas tubuh menjadi kuat. Makan ikan ini sangat baik untuk pertumbuhan anak usia dini,” kata Thamrin menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, potensi perairan yang cukup luas yang dimiliki Kabupaten Lampung Selatan, sudah tentu akan menghasilkan sumber daya perikanan yang melimpah, dengan berbagai ragam jenis ikan, yang dapat dikonsumsi.

“Oleh karenanya kita patut bersyukur akan hal ini. Sehingga kita dapat mendorong keberhasilan gerakan memasyarakatkan makan ikan,” ujar Thamrin.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengajak seluruh peserta yang hadir untuk gemar makan ikan, terutama untuk anak-anak.

“Ibu-ibu disini berperan penting, karena bisa mengarahkan anaknya supaya suka dan makan ikan. Jangan berikan anak makanan junk food. Berikan anak makan ikan, karena ikan lebih baik dan lebih mudah didapat. Jika anaknya sehat insyallah akan datang sumber daya manusia yang lebih baik,” pesan Sudin.

Dalam kegiatan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga turut memberikan bantuan berupa mobil Alih Teknologi Informasi (ATI) kepada pemerintah daerah setempat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Narasumber Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupateb Lampung Selatan H. Winarni Nanang Ermanto dan dilanjutkan sesi tanya jawab. (Hy/Nsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.