Peran Serta P3A Dalam Pemeliharaan Irigasi di Desa Asahan.

Lampung (Globaldrafnews.com) – Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). P3A Tunas Jaya mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut air irigasi yang muncul ditingkat usaha tani, Kamis (25/11/2021).

Ketua P3A Tunas jaya (Iskandar) menjelaskan kepada Media, untuk peningkatan hasil petani padi di Desa Asahan, dalam perbaikan saluran irigasi kelompok tani yang ada berswadaya, baik dari sumber Dana maupun tenaga mereka dalam perbaikan saluran irigasi bergotong-royong dalam pengerjaannya untuk mencapai hasil panin yang memuaskan.

Di sisi lain, Menurut keterangan salah satu anggota kelompok tani (Slamet Riadi) menjelaskan, “bahwa dalam peningkatan hasil petani padi itu tidak lepas dari kecukupan air maka dalam hal ini kami selaku petani padi yang ada di Desa Asahan bekerjasama dengan Ketua P3A musyawarah bersama dan sepakat untuk memperbaiki saluran irigasi air yang rusak baik itu rusak ringan atau berat untuk meningkatkan hasil petani padi,” katanya.

“Dalam 1 hektar sawah sebelum saluran irigasi kita perbaiki hanya hasil 6 ton, setelah perbaikan saluran irigasi air, hasil panin petani padi bisa mencapai 7 s/d 8 Ton/hektar,” imbuhnya.

Petani padi memohon kepada Pemerintah, baik Pemerintah Desa, Kecamatan bahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur untuk dapat memberi perhatian dan bantuan kepada petani padi yang ada di Desa Asahan agar tercapainya swasembada pangan di Lampung Timur Khususnya Desa Asahan. (Udin)