Presiden Jokowi Lantik Dewan Pengarah BRIN.

Jakarta (Globaldrafnews.com) – Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional,di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Pengangkatan keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 45 tahun 2021.

Keppres yang didalamnya terdapat Struktur Dewan Pengarah BRIN dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Kementerian Sekretariat Negara RI, Nanik Purwanti. Struktur tersebut terdiri dari 1 orang ketua, dua orang wakil ketua, satu orang sekretaris, dan enam orang anggota.

Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri dilantik sebagai Ketua, Menteri Keuangan sebagai Wakil Ketua, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai Wakil Ketua, Sudhamek A.W.S. sebagai Sekretaris, Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworo, dan Tri Mumpuni sebagai anggota.

Kepala Negara memimpin pengambilan sumpah jabatan dengan tata cara 3 agama, yakni islam, hindu dan budha. Setelah itu, seluruh Dewan Pengarah BRIN bersama-sama mengikuti ucapan Presiden Joko Widodo.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar negara republik Indonesia, tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengn selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden.

Usai memimpin pelantikan, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat dengan menghampiri satu per satu Dewan Pengarah. Setelah itu, acara ditutup dengan sesi foto bersama. (Draf)