PROGRAM KERJA LBH PERJUANGAN PEMUDA UNTUK KEADILAN (PERPUKAD)

LAMPUNG (GLOBALDRAFNEWS.COM) – PROGRAM KERJA LEMBAGA BANTUAN HUKUM PERJUANGAN PEMUDA UNTUK KEADILAN (LBH PERPUKAD) diantaranya :

1. Hak Asasi Manusia.


Menumbuhkan, mengembangkan dan memajukan pengertian dan penghormatan terhadap nilai-nilai Negara hukum dan martabat serta hak-hak asasi manusia pada umumnya dan meninggikan kesadaran hukum dalam masyarakat pada khususnya, baik kepada pejabat maupun warga negara biasa agar supaya mereka sadar akan hak dan kewajibannya sebagai subjek hukum. Serta menjaga Hak Asasi Manusia Khususnya Perlindungan Perempuan dan Anak.

2. Merealisasikan Pasal 28 D Ayat (1) UUD 1945.


Melindungi Hak dari setiap masyarakat dihadapan hukum. Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.

3. Rasa Keadilan Untuk Masyarakat.


Memajukan dan mengembangkan program-program yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang politik, sosial ekonomi, budaya dan gender dengan fokus tetapnya pada bidang hukum.

4. Sosialisasi Kesadaran Hukum.


Mengadakan kegiatan sosial antara lain meliputi usaha meningkatkan kesadaran hukum dan kemampuan masyarakat yang tidak mampu dan atau buta hukum untuk membela dirinya dan memperjuangkan hak-hak dan kepentingan yang sah menurut hukum.

5. Seluruh Pelayanan Publik Untuk Seluruh Masyarakat.


Membantu memberikan arahan agar masyarakat mendapat pelayanan publik dengan mudah dan sesuai Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik yang berlaku bagi seluruh masyarakat.

6. Menjaga Nilai-Nilai Kearifan Lokal.

Dengan mengenali dan membiasakan untuk menerapkan budaya lokal pada seluruh masyarakat lokal.

7. Peran Serta Lembaga Bantuan Hukum.

Perpukad Dalam Mencegah Dan Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba
Melakukan penyuluhan dan pemahaman tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

8. Peran Serta Lembaga Bantuan Hukum.

Perpukad Dalam Melestarikan Lingkungan
Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya memelihara lingkungan hidup dan menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan pada seluruh masyarakat.

9. Perlindungan Konsumen.


Membantu masyarakat khususnya konsumen agar mendapat perlindungan hukum guna menjaga hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa.

10. Pencegahan Korupsi Dan Perilaku Koruptif.


Memberikan kesadaran pada masyarakat pentingnya menghindari perilaku koruptif yang sering terjadi di instansi-instansi pemerintah ataupun instansi lainnya.