TNI AL Terjunkan Prajurit Lanal Dalam Rangka Pengamanan Festival Gandrung Sewu Banyuwangi

oleh -2 Dilihat
oleh

Jawa Timur (Globaldrafnews.com) – Dalam rangka mendukung suksesnya Pagelaran Festival Gandrung Sewu yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi terjunkan Prajurit Lanal Banyuwangi untuk ikut serta membantu pengamanan jalannya festival tersebut yang diselenggarakan di Pantai Marina, Boom Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (29/10/2022).

Gandrung Sewu merupakan salah satu event dari Banyuwangi Festival. Gandrung Sewu diadakan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pada awalnya Gandrung Sewu digelar untuk mengenalkan kebudayaan Banyuwangi khususnya Gandrung ke khalayak luas. Pada saat ini Gandrung Sewu sudah menjadi ikon pariwisata budaya Banyuwangi.

Pada kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II Ny. Hanun Ansori bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Ir. Abdullah Azwar Anas, M.Si beserta jajaran Forkopimda Banyuwangi menyaksikan langsung kegiatan pagelaran kolosal Tarian Gandrung Sewu yang mengusung tema “Sumunare Tlatah Blambangan” yang bermakna Kilau Bumi Blambangan. tema ini diambil sebagai spirit Banyuwangi bangkit seusai menghadapi Pandemi Covid-19.

Disela-sela kegiatan, Danlanal Banyuwangi mengatakan bahwa Lanal Banyuwangi telah menerjunkan Prajuritnya untuk bersinergi dengan aparat keamanan lainnya untuk ikut serta mengamankan jalannya Festival Gandrung Sewu, karena banyaknya masyarakat yang antusias menyaksikan festival tersebut.

Lebih lanjut Danlanal Banyuwangi menjelaskan, “tari gandrung khas Banyuwangi ini telah menjadi warisan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara ditambah dengan keindahan alam pesisir pantai Selat Bali. Harapannya dengan dilaksanakannya Festival Gandrung Sewu ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari Sektor Pariwisata khususnya masyarakat maritim pasca Pandemi Covid-19” tutupnya.

Keterlibatan TNI AL khususnya Lanal Banyuwangi dalam kegiatan pengamanan Festival Gandrung Sewu selaras dengan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan prajurit TNI AL untuk selalu bersinergi dengan stake holder lainnya dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat dan dimana pun Prajurit TNI AL berada selalu memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. (Edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.