UPTD Puskesmas Way Urang Kembali Gelar Vaksinasi Pertama dan Kedua.

Lampung (Globaldrafnews.com) – Puskesmas way urang Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) gelar vaksinasi pertama dan kedua, berupaya semaksimal mungkin menangani dan melayani masyarakat yang berdatangan dari berbagai Desa, khususnya di Kecamatan Kalianda, Lamsel, Jum’at (15/10/2021).

Lonjakan masyarakat yang berdatangan di puskesmas tersebut antri menunggu panggilan nama dari petugas Puskesmas Way Urang, satu demi satu untuk di vaksin pertama dan kedua yang mana berjalan dengan tertib dan aman serta kondusif.

Dengan tetap mematuhi prokes dengan ketat memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. Serta Puskesmas Way Urang menyediakan sarana dan prasarana alat kesehatan untuk kebersihan lingkungan.

Adapun warga masyarakat Lampung Selatan yang ikut antri untuk divaksin kedua diantaranya, Ibu Ade mengatakan, “sebetulnya pemerintah tidak mempersulit karena dari awal seluruh masyarakat memang sudah di instruksikan untuk vaksinasi, cuma masyarakatnya saja yang kebanyakan tidak ingin/terkesan tidak mau,” katanya.

Disisi lain dengan adanya juga informasi tentang masyarakat yang tidak ingin di vaksin, maka mengenai tentang penarikan bantuan sosial (Bansos) di masa pandemi Covid-19 yang tidak keluar/tidak di terima oleh pihak masyarakat yang ada di Kalianda Lamsel khususnya, sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

“Sebenarnya sih nggak di persulit, karena dari awal masyarakat memang sudah di suruh. Cuma hanya kebanyakan masyarakat kita ini pada nggak mau. Jadi mungkin seperti inilah jadinya. Antriannya membeludak untuk melakukan vaksin yang pertama, dengan tetap Prokes ketat,” ungkapnya.

Lanjutnya, Saya mendapatkan informasi masyarakat, kemaren ada warga yang nggak mau di vaksin, mereka juga mendapatkan bantuan BLT dan bansos, rupanya mereka ke bank, katanya nggak di terima atau nggak bisa di ambil dari pihak bank tanpa ada surat vaksinnya. Ke pihak bank mana aja yang menyangkut bansos,” tuturnya.

Dalam hal ini, Kepala UPTD Puskesmas Way Urang Saiful Anwar, SKM.,M.Kes mengatakan, “bahwa kita akan upayakan semaksimal mungkin dalam menangani dan melayani Masyarakat untuk vaksinasi pertama dan kedua, walaupun keterbatasan tempat serta keterbatasan sarana dan prasarana fasilitas yang ada di Puskesmas Way Urang ini tentunya,” katanya.

Dan dia juga menerangkan bahwa setiap hari menerima 1.500 (Seribu Lima Ratus) dosis setiap harinya hanya untuk di Puskesmas Way Urang saja. Dan besoknya akan menerima kembali sebanyak 5000 (Lima Ribu) dosis lagi, yang akan dikerahkan di GOR Way Handak, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, untuk mencapai tingkat Herd imunity.

“Ya luar biasa, jadi kita gelar acara ini sebagai salah satu upaya Puskesmas untuk mengangkat Kabupaten Lampung Selatan khususnya. Artinya dengan keterbatasan tempat dan keterbatasan sarana dan prasarana, kita akan tetap berupaya agar kabupaten kita tetap pada level 2 dan mudah-mudahan menurun kebawah level terendah seterusnya,” ujarnya.

“Dan vaksinasi kita lakukan secepatnya, karenakan memang antusias masyarakat kita ini masih tinggi, karena vaksinasi kurang dan sekarang ada dan mereka butuh semua. Oleh karena itu kita umumkan melalui aplikasi Facebook, WhatsApp ataupun dengan menggunakan informasi lainnya, akan tetapi kita memang sudah pastikan dan antisipasi membeludaknya masyarakat agar tidak berkerumun. Maka kita juga siapkan dua tempat alternatif lainnya, antara di depan dan di belakang Puskesmas ini. Karenakan kita lihat masyarakat susah diaturnya dan tidak terjadi penumpukan,” terangnya. (Ali)